Tuesday, May 14, 2019

Cara Konsumsi Creatine yang benar

Creatine adalah suplement paling popular diantara pelaku bodybuilder atau pecinta fitness secara umum, apa sebabnya?

Inilah alasannya: Meningkatkan kemampuan angkat & meningkatkan kekuatan. Creatine adalah suplemen yang luar biasa, populer dengan banyak atlet, penggemar kebugaran, dan binaragawan.

Dengan kepopuleran kreatin yang begitu besar, tidak mengherankan jika banyak banyak diantara mereka  mempertanyakan tentang cara menggunakannya. Pertanyaan tersebut bukan lagi, “Haruskah saya menggunakan creatine?” namun, “Kapan saya harus mengkonsumsi creatine?”.



Ini bukan bagaimana cara minumnya, tapi lebih tepatnya kapan? sebelum latihan, saat perut kosong atau sesudah latihan?
Baiklah, coba kita bahas satu per satu kapan dan bagaimana biasanya orang mengkonsumsi kreatin.

1. Sebelum Latihan

Beberapa orang lebih suka mengonsumsi creatine sebelum memulai latihan. Hal ini sebetulnya masuk akal untuk mengisi sel-sel otot dengan suplemen yang henat ini untuk mendapatkan manfaat penuh sejak dini. Pada dasarnya, lebih banyak creatine berarti lebih banyak ATP, sumber utama energi agar mampu mengangkat lebih berat.

Dengan melimpahnya  ATP sama dengan lebih banyak tenaga yang dapat diakses oleh otot. Artinya adalah ada lebih banyak kekuatan untuk mengaktifkan serat otot, sehingga lebih banyak daya angkat beban.

2. Setelah Latihan

Pilihan ini juga bagus, jangan lupa pemulihan pasca latihan juga amat penting. Setelah berolahraga, otot-otot Anda telah mengalami kerja keras, atau bisa dibilang tercabik-cabik. Mengkonsumsi suplemen creatine pasca-latihan adalah waktu yang tepat untuk memulihkan sel otot dan meningkatkan pertumbuhan lebih cepat.

Namun, perlu diingat, bahwa nutrisi setelah latihan juga penting, jadi seimbangkan asupan karbohidrat, protein dan lemak.

3. Kapanpun

Pilihan yang ke tiga ini tidak terikat waktu. Mereka yang mengkonsumsi creatine setiap saat percaya bahwa kedua metode yang disebutkan di atas adalah takhayul atau hanya mitos belaka. Mengapa stres tentang waktu? Creatine adalah creatine, Anda harus melihat manfaatnya sambil menambahkannya.

Setelah melihat dengan jelas, bagaimana sebagian orang mengkonsumsi kreatin,lalu, kapan waktu terbaik untuk mengkonsumsi creatine?

Kesimpulan: Secara umum pilihan diatas tidak ada salahnya, namun kita bisa menjadikannya lebih efektif.

Menurut saya, konsumsi creatine setengah jam sebelum latihan dan segera setelahnya adalah yang paling tepat, sehingga mendapatkan total 5 gram dalam sehari. Misalnya, 2.5 gram sebelum berolahraga, dan atau sesudahnya.Jangan konsumsi kreatin terlalu banyak, karena akan dibuang percuma oleh tubuh, dan akan membebani ginjal.

Dosis kreatin
Dosis kreatin dengan benar berkisar antara 3-5 gram per hari. Ada yang berpendapat bahwa kreatin perlu masa loading, dengan dosis 10-15 gram sehari selama 5-7 hari. Namun tidak harus, kamu bisa juga langsung menentukan dosis tetap 5 gram sehari.

Semua yang saya tulis adalah pendapat saya pribadi, segala kritik dan perbaikan sangat terbuka.

No comments:

Post a Comment